DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Saturday, April 10, 2021

9 Manfaat Bagi Orang yang Hobi Membaca Novel

Manfaat Membaca Novel - Bagi sebagian orang, membaca novel merupakan kegiatan yang sangat menarik. Sebuah novel bisa menghilangkan kebosanan seseorang. Terkadang seseorang tanpa sadar menghabiskan waktu luangnya hanya untuk membaca novel, tidak apa-apa, namanya juga penuh dengan waktu luang, apalagi jika waktu luangnya penuh dengan hal-hal positif seperti membaca novel. Tidak hanya menunjukkan hiburan, sebuah laporan penelitian membaca novel adalah kunci untuk mengurangi stres dan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pikiran. Selain itu, membaca novel memiliki banyak manfaat dan kelebihan lainnya.


Namun, sebagian orang meremehkan buku-buku fiksi seperti novel. Buku semacam itu dianggap memiliki daya imajinasi yang sangat tinggi, terutama yang bertema fantasi. Padahal, bagi yang sangat menyukai membaca novel, fantasi dan imajinasi inilah yang mereka harapkan menjadi poin paling menarik dalam novel.


Makhluk sosial seperti manusia harus bisa menempatkan dirinya di tempat orang lain, dengan kata lain bisa bersimpati. Yang harus Anda ketahui sekarang adalah bahwa membaca novel fiksi ini mungkin salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan empati pada setiap orang. Seperti hasil studi yang dilakukan oleh psikolog Raymond Mar, studi tersebut membuktikan bahwa membayangkan cerita dalam novel mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab untuk memahami orang lain. Selain itu, novel juga dapat memudahkan pembacanya untuk mengkaji berbagai hal dari berbagai sudut pandang.


Ngomong-ngomong, kapan terakhir kali Anda membaca novel? Sudah lama ya? atau apakah Anda lebih sering membaca status di media sosial dalam aktivitas membaca harian Anda, seperti Faceboo, Twitter, Instagram, atau jejaring sosial lainnya? Sangat disayangkan kalau membaca novel hanya karena mendapatkan tugas, dan juga biasanya tugas tidak selalu berhubungan dengan novel. Dengan begitu anda akan kehilangan manfaat membaca novel yang harusnya kamu dapatkan. Berikut 9 manfaat utama membaca novel meliputi:


1. Kreativitas
Banyak sekali cerita di dalam buku yang akhirnya divisualisasikan melalui sebuah film. Terkadang setelah menonton film yang di angkat dari cerita novel, ternyata tidak sesuai dengan imajinasi yang ada di otak kita. Misal, saat membaca novel Harry Potter, bentuk karakter Hogwarts pasti akan berbeda dalam imajinasi setiap orang.


2. Mengubah Fungsi Otak
Membaca novel dapat mengubah fungsi otak. Pasalnya, saat kita membaca novel, sistem otak akan terunduh, sehingga otak mengontrol korteks temporal bagian kiri, bagian otak inilah yang akan mempengaruhi koneksi pikiran dan perilaku.


3. Meningkatkan Konsentrasi
Tentunya saat melakukan aktivitas berat, seperti bekerja berjam-jam di depan layar monitor, Anda perlu berkonsentrasi, tentunya Anda juga membutuhkan hiburan. Sama halnya dengan aktivitas berikut: dalam beberapa menit, kita harus melakukan beberapa aktivitas, melakukan tugas, memeriksa pesan yang diterima di telepon, mengobrol dengan banyak orang dan aktivitas lainnya, aktivitas tersebut tentu saja akan menyebabkan stres kita meningkat dan mengurangi produktifitas. Nah, saat Anda membaca buku, perhatian Anda akan tertuju pada buku tersebut sehingga Anda bisa ikut serta dalam setiap detail yang Anda rasakan. Dibandingkan dengan kegiatan lainnya, membaca novel tentunya membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi.




4. Stimulasi Mental
Penelitian telah menunjukkan bahwa membaca setiap hari bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Selama proses membaca, otak akan tetap terjaga untuk tetap aktif, sehingga kita tidak mudah mengalami penuaan atau kehilangan ingatan. Sama seperti otot tubuh lainnya yang harus kita gerak setiap hari, otak juga membutuhkan aktivitas agar tetap kuat dan sehat setiap saat.


5. Memperkaya Tata Bahasa
Dibandingkan dengan jenis novel lainnya, novel / novel fantasi memiliki pengaruh terbesar pada tata bahasa. Apalagi jika Anda sedang membaca novel berbahasa asing. Semakin banyak kata yang Anda baca, semakin banyak pula kata yang Anda dapatkan. Ini pasti akan mempengaruhi kita dalam mengekspresikan banyak hal dengan lebih baik, sehingga membantu kita dalam profesi apa pun. Tentu saja, selama kita berbicara dengan baik, hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri kita dan semakin mendorong kita untuk bergerak ke arah yang lebih maju. Selain menjadi pembicara yang unggul melalui membaca, kami juga akan memiliki pemahaman yang luas tentang banyak topik berdasarkan bahasa yang dipilih.


6. Keterampilan Berpikir Analitis
Saat membaca sesuatu, terutama yang berupa cerita dalam novel, kita perlu berpikir keras untuk menebak kelanjutan cerita, atau bahkan endingnya, yang terkadang mengecewakan kita karena tidak sesuai dengan pemikiran kita. Tapi novel tak terduga seperti ini bahkan lebih baik. Atau, pernahkah kamu membaca novel misteri yang berisi teka-teki? Tentu saja, Anda akan mencoba memecahkan misteri ini sebelum Anda selesai membaca buku ini. Dengan membaca novel, Anda akan memiliki pemikiran kritis dan analitis dalam merekam atau memecahkan detail, dan mencoba mengungkap kesimpulan dari teka-teki yang terdapat dalam detail tersebut. Membaca akan melatih pemahaman Anda terhadap rangkaian kejadian sehingga otak bisa menarik kesimpulan dari informasi yang ada.




7. Meningkatkan Perkembangan Emosional
Tentunya saat membaca novel, kita secara sadar atau tidak sadar memeriksa banyak hal, seperti makna bahasa yang digunakan dalam menulis, membayangkan suatu peristiwa, dan menangani emosi. Terkadang ketika kita membaca, kita mudah emosional karena semua kejadian / tindakan yang tidak pantas dalam cerita, tetapi setelah mendapatkan kejelasan lain, emosi itu akan mereda. Semakin sering penulis berkomunikasi dengan emosi kita, semakin besar kendali atas emosi kita.


8. Ketenangan
Selain relaksasi, membaca novel juga dapat memberikan ketenangan batin yang luar biasa bagi pembacanya. Membaca novel bisa menurunkan tekanan darah dan membuat orang merasa tenang dan tentram. Di saat yang sama, ketika kita membaca buku self-help, banyak bukti yang bisa meredakan gangguan mood tertentu dan penyakit mental ringan.


9. Sebagai Sarana Hiburan
Pergi ke perpustakaan terdekat untuk menelusuri deretan buku yang tak terhitung jumlahnya dapat menjadi tempat bersantai dan hiburan, yang dapat mengurangi tekanan setelah bekerja atau belajar. Dengan membaca buku, selain menjadi lebih pintar, Anda juga akan terhibur. Untuk itu, mulailah mencari sesuatu yang bagus, daripada hanya melihat postingan orang di media sosial.


Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan membaca novel. Bagi kamu yang ingin menerbitkan karangan novel kamu silahkan ajukan ke Penerbit Indie berikut ini >> Penerbit El-Markazi.

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment

Catagories

cerpen (1) drafting (8) editing (4) fiksi (12) karya ilmiah (4) Lomba (1) nonfiksi (8) novel (9) penulis (11) prewriting (2) Publishing (4) puisi (2) Tips dan Trik (20)

SEARCH