DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Saturday, April 10, 2021

Macam - Macam Genre pada Novel

Genre Novel - Novel merupakan karya tulis yang sangat digemari masyarakat. Salah satu hal terpenting dalam sebuah novel adalah genre novelnya. Genre sendiri merupakan model yang menjadi dasar cerita dalam buku tersebut. Genre biasanya mencerminkan tren sosial dan evolusi eksperimen tanpa batas seseorang. Hingga akhirnya pembaca lah yang memutuskan mengenai percobaan yang akan dilakukan, jika berhasil, mereka akan membeli buku tersebut.

Bagian terpenting dari genre novel adalah memenuhi kebutuhan manusia berdasarkan sebuah cerita.


Memiliki karya Novel dan ingin menerbitkannya, klik disini.

Kita bisa menemukan banyak genre dalam novel ini. Nah, berikut ini akan membahas berbagai genre dalam novel secara mendalam:


1.  Novel romantis

Novel semacam ini merupakan genre yang mengandung hal-hal yang natural dan romantis. Jenis novel ini sangat digilai remaja Indonesia. Meski sudah difilmkan, banyak novel romantis yang menjadi best seller. Ini adalah salah satu jenis yang paling populer dan sangat diminati.

Novel romantis ini memuat cerita tentang hubungan romantis antara dua orang. Gaya romantis ini ditandai dengan ketegangan sensual, gairah, dan idealisme. Biasanya penulis mencoba mendramatisir cerita dengan memisahkan dua anak manusia yang saling mencintai, kemudian mempertemukan kembali kedua anak manusia tersebut di akhir cerita.


2.  Novel Fiksi

Novel fiksi ini memuat cerita yang tidak ada atau tidak ada dalam kehidupan nyata. Dalam novel semacam ini, novel fiksi ditulis sesuai imajinasi pengarangnya.


3.  Novel Horor

Format cerita yang terkandung dalam novel horor menakutkan dan menakutkan. Setelah membaca novel jenis ini, pembaca akan merasa sangat takut. Namun karena kesukaan pembaca terhadap novel semacam itu, novel horor biasanya masih memiliki banyak penggemar.

Genre novel ini penuh dengan alur cerita yang penuh ketegangan, kecemasan, ketakutan, dan kekhawatiran. Ini biasanya melibatkan kejahatan serius, kutukan, hantu, atau peristiwa mental lainnya.

Tujuan pembuatan cerita horor adalah untuk menakut-nakuti pembaca. Cerita-cerita yang disajikan sarat dengan hal-hal yang mungkin membuat pembacanya gemetar. Dapat bercerita tentang kejadian menyeramkan (seperti rumah hantu) dan kejadian supranatural lainnya. Misalnya novel "Dannur" karya Risa Saraswati.


4.  Novel petualangan

Novel petualangan biasanya membahas cerita yang berkaitan dengan tugas tertentu, cerita ini harus diakhiri dengan cerita yang ditangguhkan sehingga pembacanya sendiri dapat mengakhiri cerita tersebut. Terkadang, sekuel novel seri berikutnya juga memperjelas jenis cerita ini. Oleh karena itu, penulis seperti suka memikirkan efek dari novel ini.


5.  Fiksi non-fiksi

Dalam genre ini, novel memuat kisah kehidupan nyata. Cerita dalam novel non fiksi ini merupakan cerita pribadi yang dialami oleh seseorang, baik yang dialami langsung oleh pengarangnya, maupun yang dialami oleh orang lain dan orang di sekitarnya.


6.  Novel komedi

Tidak diragukan lagi, novel komedi ini akan menghadirkan banyak cerita menarik, sehingga para pembaca tetap terhibur dan tertawa. Novel komedi ini terkadang mengandung banyak cerita, namun yang lebih ditekankan adalah unsur komedi dalam ceritanya. Contoh novel komedi antara lain novel Radikus Makan Kakus karya Raditya Dika.


7.  Novel fantasi

Novel ini merupakan salah satu genre novel yang mengandung kekuatan fantasi, meskipun novel tersebut benar-benar bercerita berdasarkan rasionalitas, pembaca yang membaca novel bergenre ini akan berpikir lebih aktif.

Novel fantasi semacam ini juga sangat populer di kalangan pembaca. Seperti namanya, jenis cerita ini mengandung novel imajinatif, dan terkadang kisahnya didalam kehidupan nyata seringkali tidak mungkin untuk menentukan kemana harus diceritakan. Contoh novel ini termasuk J.K. Rowling.


8.  Novel Fiksi Ilmiah

Kisah sebuah novel dilatarbelakangi oleh kebangkitan teknologi mutakhir, yang terkadang tidak banyak diketahui orang. Jenis novel ini berbeda dengan jenis novel biasa. Jika novel novel menuntut pengarang untuk mengembangkan imajinasi yang lebih tinggi.

Maka berbeda dengan fiksi ilmiah, yang menuntut pengetahuan penulisnya untuk memahami ilmu umum dan ilmu khusus melalui penelitian dan metode lainnya. Oleh karena itu, genre cerita ini meningkatkan pemahaman ilmiah tentang hukum alam semesta, sehingga meningkatkan daya tarik jenis tulisan seperti ini.

Biasanya gaya penulisan ini memadukan cerita-cerita yang ada di masa depan, masa lalu, atau dimensi lain. Jenis ini tidak hanya memuat konsep pemikiran ilmiah, tetapi juga sering membahas tentang konsep dunia dengan teknologi canggih.

Penulis harus siap meluangkan waktu untuk membangun dunia baru yang coba mereka ciptakan dalam novel fiksi mereka. Contohn genre fiksi ilmiah ini seperti novel Supernova episode Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh karya Dewi “Dee” Lestari dan Hujan karya Tere Liye.


9.  Novel inspiratif

Novel yang penuh inspirasi adalah novel story-telling, cerita-cerita tersebut dianggap sebagai novel yang menginspirasi dalam kehidupan seseorang, oleh karena itu hikmah yang dipetik diharapkan dapat membawa perubahan moral dan membangkitkan minat pembaca.

Tema yang dikemukakan dalam kategori ini sangat beragam, menyangkut ekonomi, kemasyarakatan, pendidikan, seluruh budaya, perjuangan, kelangkaan, persahabatan, percintaan, dll.


10.  Novel Sejarah

Dalam jenis ini, banyak bentuk legenda pernah terjadi di masa lalu. Dengan cara demikian, novel-novel semacam itu dapat digolongkan sebagai fiksi dan fiksi non-fiksi, karena peristiwa-peristiwa di dalamnya akan atau tidak akan terjadi. Biasanya pengarang atau pengarang novel ini juga akan mengutarakan pendapatnya sendiri tentang sejarah yang dibicarakannya.


11.  Novel Thriller

Novel dengan jenis ini memuat tentang literatur, film dan televisi yang mengandung unsur ketegangan, kegembiraan dan tekanan sebagai unsur utamanya. Jenis novel gugup ini akan membuat pembaca tidak bisa bergerak dan akhirnya tidak bisa membaca akhir cerita. Selain gugup, novel ini juga akan membuat pembacanya penasaran dengan nasib sang karakter. Jenis thriller ini bisa berupa konspirasi, militer, politik, medis, dll.


12.  Chicklit

Genre novel yang khusus ditujukan untuk wanita. Cerita yang disajikan mungkin juga melibatkan masalah perempuan secara umum. Orang-orang dari segala usia dapat menghayati dan membaca novel tersebut, namun biasanya cerita novel ini lebih rumit, bahkan terkadang novel tersebut mengandung unsur dewasa, sehingga sulit dipahami oleh para remaja awal.


13.  Songlit
Songlit adalah genre yang mengubah lagu menjadi bacaan novel. Lirik lagu digunakan sebagai judul, dan isi lagu menjadi keseluruhan alur cerita yang dikembangkan dalam novel.

Itulah macam-macam dari genre novel. Bagi kamu mempunyai sebuah karangan novel dan ingin menerbitkan nya dapat langsung ajukan ke Penerbit Indie Indonesia berikut ini >> Penerbit El-Markazi.

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment


Catagories

cerpen (1) drafting (8) editing (4) fiksi (12) karya ilmiah (4) Lomba (1) nonfiksi (8) novel (9) penulis (11) prewriting (2) Publishing (4) puisi (2) Tips dan Trik (20)

SEARCH