DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Saturday, April 10, 2021

Langkah Mudah Membuat Puisi Cinta

Langkah Mudah Membuat Puisi Cinta - Cinta adalah ungkapan kasih sayang kita pada seseorang. Biasanya cinta selalu dikaitkan dengan asmara. Oleh karena itu, dapat dipastikan puisi cinta semacam ini termasuk dalam jenis puisi romantis.


Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang sangat populer di kalangan banyak orang. Dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, banyak orang yang suka membaca atau menulis puisi. Dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, puisi menjadi pelajaran yang tidak terpisahkan di sekolah, dan topik puisi masih menjadi mata kuliah wajib yang harus dibahas.


Isi puisi biasanya berasal dari inspirasi atau kecemasan pengarang. Puisi juga dapat digunakan sebagai media atau media yang sering digunakan penulis untuk mengungkapkan bentuk batin informasi yang ingin disampaikan kepada satu atau banyak orang, termasuk puisi cinta.


Puisi cinta pasti mengandung makna romantis yang dapat menggugah hati setiap orang, apalagi bagi seseorang yang sedang jatuh cinta, oleh karena cinta adalah menjadi topik paling universal dikehidupan seseorang. Semua orang butuh cinta. Itulah kenapa kisah percintaan menjadi hal yang tak pernah habis untuk dibahas. Cinta menjadi tema yang paling banyak dibicarakan, paling laris dalam sebuah lagu, roman, drama, novel, cerita pendek, hingga puisi. Bahkan dari ratusan tahun yang lalu, puisi bertemakan cinta sudah populer dan banyak sekali tokoh terkenal didunia yang mencipta puisi cinta.


Sudah banyak sekali yang membahas soal puisi, hal ini akan membut kita menjadi bosan, benar bukan? Meskipun demikian, tidak semua orang terampil dalam membuat puisi, walau hanya puisi cinta yang dia ungkapkan perasaannya. Dalam menulis puisi ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti ‘Rasa’ yang merupakan awal mula keindahan dari sebuah puisi.


Memang terlihat mudah dalam membuat puisi, namun pada kenyataannya banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat puisi agar menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Jadi, untuk membuat puisi dengan baik dan benar, berikut ini adalah caranya :

Baca Juga "Tips Rahasia Menulis Novel dari Asma Nadia"

1. Menentukan Ide

Inspirasi dari hal-hal yang pernah di alami bisa berupa kisah percintaan pribadi, maupun orang lain. Inspirasi ini juga bagian dari keresahan sang penulis terhadap suatu topik. Contohnya saat kamu sedang mencintai seseorang, kegiatan dan perasaan yang kamu rasakan bisa diubah menjadi kata-kata indah berwujud puisi.


2. Memilih judul yang tepat

Puisi merupakan kata bijak yang bisa membius sampai ke relung hati pembaca, yang dapat membuat orang tersebut akan merasakan makna dari kata-kata itu. Oleh sebab itu, dalam menulis puisi hal yang kita lakukan selanjutnya adalah memilih diksi atau menggunakan kata-kata, yang nantinya dirangkai seindah mungkin, begitu pula dengan judul. Judul yang baik, mampu menarik orang untuk membacanya. Jadi, dalam membuat judul, usahakanlah untuk membuat judul yang tepat dan mampu memikat para pembaca.


3. Gunakan Perasaan

Dalam membuat puisi cinta, langkah yg kamu lakukan selanjutnya adalah membayangkan emosimu tentang kisah cinta dan mencoba untuk tenggelam di dalamnya. menggunakan perasaanmu untuk berimajinasi kemudian rangkai kedalam kata-kata. Rasakanlah dan coba untuk menggambarkan semua perasaan yang ada. Biarkan perasaanmu yang akan menuntun. Mengalir dalam tiap kata yang muncul dari perasaan yang sedang kamu rasakan itu. Tidak perlu terlalu fokus memikirkan kata-kata yang indah. Tulis saja, maka kata-kata dari perasaan yang kamu rasakan akan menuntun kamu merangkai puisi tersebut.

Baca juga "Langkah-langkah Menulis Puisi yang Baik dan Benar"


4. Pengalaman Kenangan

Dalam menulis puisi cinta, cobalah untuk mengingat kembali tentang kenangan atau kesan pertama kamu saat bertemu sang pujaan hati. Kenangan pertama selalu memiliki kesan yang sangat menarik dan mendalam untuk diceritakan. Atau, cobalah mengingat hal-hal indah yang sudah pernah kamu lalui bersama, bahkan mungkin mengenang hal-hal yang membuat kamu jatuh cinta kepadanya untuk pertama kali.


Selain tentang momen indah, coba juga mengingat kembali detail suasana yang kamu alami denga dia, dan hal-hal lainnya. Kemudian tuangkan isi pikiranmu ke dalam tulisan. Ubahlah kedalam kata-kata apa muncul dari perasaan dan pengalaman yang kamu rasakan saat itu. Jangan meninggalkan hal-hal kecil, kerena melalui hal-hal kecil itu yang mungkin kamu anggap remeh itu dapat memberi  keindahan dan cita rasa tersendiri di puisi yang sedang kamu buat.


5. Jadilah dirimu sendiri

Jadilah diri sendiri saat membuat puisi. Jangan terlalu terobsesi dengan bagaimana orang suka atau tidak. Jangan terlalu khawatir tentang puisi Anda yang terlihat modis atau terlalu romantis. Ekspresikan pendapat Anda dalam puisi. Ciptakan berdasarkan perasaan terdalam yang Anda rasakan, bahkan yang sulit diungkapkan secara lisan.

Baca juga "Mengungkap Rahasia yang Terdapat di dalam Proposal Penawaran Naskah


6. Sebarkan cinta

Prinsip menulis puisi adalah mengungkapkan emosi melalui kalimat yang cerdas. Oleh karena itu, saat menulis puisi cinta, Anda perlu memiliki keinginan untuk mengungkapkan cinta melalui seni berbicara. Dengan puisi, Anda tidak perlu menjadi ahli cinta atau ahli puisi. Memang tidak peduli siapa kita, kita pasti punya cinta dan berhak mengungkapkannya dengan indah, meski dalam bentuk rangkaian kata.


Itulah Langkah mudah menulis puisi cinta. Bagi kamu yang memiliki naskah puisi dan mau diterbitkan silahkan ajukan ke Penerbit Indie Indonesia berikut ini >> www.elmarkazi.com

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment


Catagories

cerpen (1) drafting (8) editing (4) fiksi (12) karya ilmiah (4) Lomba (1) nonfiksi (8) novel (9) penulis (11) prewriting (2) Publishing (4) puisi (2) Tips dan Trik (20)

SEARCH