DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Tuesday, April 13, 2021

Cara cerdas memilih novel yang baik

Buku adalah jendela dunia - kita telah akrab dengan benda mati yang memberikan kita pengetahuan sejak kita kecil. Di masyarakat, keberadaan buku memang tidak diragukan lagi. Buku ini memuat ilmu yang luas, yang tentunya sangat bermanfaat bagi para pembaca. Informasi yang terkandung di dalamnya juga berbeda-beda dan mengandung banyak hal.

Info seputar penerbitan buku, klik disini

Mungkin sebagian orang mengira bahwa membaca adalah aktivitas bagi para kutu buku. Namun yang perlu Anda ketahui adalah kegiatan membaca ini sangat bermanfaat bagi kami, karena Anda dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan Anda dengan membaca. Membaca tidak hanya berkaitan dengan buku teks saja, tetapi bisa dilakukan melalui novel, koran, majalah, dan lain-lain, karena ilmu bisa didapat dari mana saja.

Beberapa orang menganggap membaca adalah kegiatan yang menyenangkan, sekedar untuk bersantai setelah bekerja atau belajar, terutama saat membaca novel. Membaca novel bisa dijadikan sebagai bagian dari relaksasi atau sarana refreshing. Saat kita menemukan novel yang menarik, kita tidak akan bosan membacanya.

Oleh karena itu setebal apapun halaman novel yang kita pilih, kita akan berusaha untuk menyelesaikannya dengan cepat, karena kita penasaran dengan plot dan ending cerita. Fiksi memang bisa digunakan sebagai bentuk hiburan yang paling efektif. Selain itu, novel tersebut dapat dibaca oleh masyarakat luas dan mudah dipahami. Ya, walaupun sering kita jumpai novel-novel yang berat, namun saat kita tenggelam dalam proses membaca dan memahami novel akan memunculkan perasaan yang rileks dan menarik.


Namun, kendala yang dihadapi adalah kebingungan memilih novel yang tepat untuk dibaca. Beberapa orang bahkan rela menghabiskan beberapa jam dengan tokoh-tokoh dalam buku untuk memilah-milah novel yang ingin mereka beli. Nah, bagi yang pernah mengalami hal serupa, berikut cara jitu memilih novel yang menarik:


1. Sampul Buku

Sebuah gambar atau desain sampul yang dapat merepresentasikan isi cerita akan lebih menarik. Selain itu, terdapat misteri pada sampulnya yang dapat menggugah rasa penasaran dan minat pembaca untuk membawa pulang buku tersebut.

Selain desain yang dapat merepresentasikan keseluruhan isi atau tema cerita, sampul buku juga memiliki judul. Judul memiliki pengaruh besar pada keputusan pembaca apakah akan membeli novel. Saat Anda membaca judul yang menarik dan bisa membangkitkan rasa penasaran, kamu akan tertarik untuk membawa pulang novel ini. Ya, meski terkadang ada judul yang menipu, tetapi tidak cocok dengan konten dan hanya sisi keren yang diprioritaskan.


2. Sinopsis Cerita

Ini adalah hal kedua yang perlu dipertimbangkan saat memilih novel. Rangkuman ini sering juga disebut rangkuman buku, dan juga diartikan sebagai bagian dari buku, yang berisi rangkuman singkat tentang apa yang akan dibahas dalam novel.

Bagian ini mencoba mempertimbangkan bentuk dan arti kata agar dapat mempengaruhi pembeli. Sinopsis seperti tulang kerangka dengan konten umum. Sinopsis memuat seluruh isi cerita atau lebih tepatnya sinopsis merupakan sebuah rangkuman, sinopsis dibuat singkat agar orang orang membaca isi buku nya bukan hanya sinopsis.


3. Cari tahu siapa penulisnya

Mengetahui siapakah penulis novel yang akan kita beli memang merupakan hal yang penting, karena jika penulisnya terkenal dan sudah terdapat banyak novel yang menarik, maka bisa dipastikan kita tidak akan menyesal membeli novel. Novel yang penuh pemikiran bisa menjadi pilihan yang tepat, karena pengarangnya tidak diragukan lagi didasarkan pada pengalaman suksesnya di novel-novel sebelumnya.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap penulis memiliki cara berbeda dalam menyajikan apa yang ingin ia sampaikan. Bagi yang sangat suka membaca novel tentu sudah punya penulis favorit, bisa jadi petunjuk cara menulisnya ya?

Terkadang seseorang dapat mengulas novel yang menarik oleh seseorang yang menulisnya. Penulis yang kompeten dan berpengalaman adalah pilihan yang tepat. Tidak diragukan lagi kemampuan menulis mereka sangat baik dalam bahasa yang digunakan di sepanjang cerita dan novel. 

Para penulis ini telah menguasai kompleksitas dan tujuan yang mereka inginkan untuk memuaskan pembacanya. Namun, jangan sampai hal ini menjadi kendala bagi Anda untuk mencoba memilih novel dari penulis baru, jika judul dan sinopsis novel Anda membuat Anda jatuh cinta dengan novel tersebut, maka penulis tersebut tidak akan dikenal orang.

4. Penerbitan novel

Penerbitan indie  atau penerbitan mayor memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga dalam hal ini pembaca juga harus memiliki pengetahuan penerbitan yang baik untuk memilih novel yang akan dibeli. Ini penting karena melalui observasi, Anda melihat atau memahami penerbit yang menerbitkan novel.

Karena terkadang publikasi bisa menentukan kualitas sebuah novel, menarik atau tidaknya sebuah novel karena proses yang panjang. Faktanya, beberapa penerbit menerbitkan buku dengan kualitas buruk sesuka hati, sehingga yang terjadi adalah huruf-hurufnya sulit dibaca, dll.

Penerbit besar biasanya mencoba menerbitkan manuskrip yang dipilih dan melalui proses penyaringan yang panjang atau konten yang rumit. Hanya manuskrip terbaik yang dipilih untuk diterbitkan. Ini memainkan peran yang sangat penting dalam kualitas novel yang akan mereka terbitkan.

Halaman-halaman novel biasanya berupa naskah cetak setebal 150 halaman, siap untuk dijual. Diperkirakan jika naskah yang dikirim penulis tebalnya 150 halaman maka akan didapat kisaran 200 sampai 300 halaman dari hasil tersebut.

Penulis baru atau yang juga dikenal sebagai pemula biasanya menulis sedikit halaman sehingga cerita yang kita dapatkan di novel tidak memuaskan.


5. Cari review atau review di Google

Saat mempertimbangkan untuk membeli buku, jangan terpengaruh oleh buku terlaris di sampulnya. Dekorasi terlaris yang Anda lihat tidak menjamin kualitas konten baru. Terkadang, karya terlaris dipaku begitu saja agar novelnya bisa meraih penjualan yang luar biasa.

Untuk alasan ini, perlu mencari review dan review di Internet sebelum membeli novel. Perhatikan juga taring di novelnya, jika novel yang ingin kamu beli memiliki reputasi yang tinggi, maka kamu tidak perlu lagi memikirkannya.

Menentukan apakah sebuah novel menarik sebelum membaca keseluruhan cerita tidak hanya akan mengikuti tren novel populer saat ini, tetapi juga perlu mempertimbangkan penerapan genre favorit Anda. Bijaklah sebelum kalah!


Cek penawaran terbaik di PENERBIT EL-MARKAZI, penerbit indie terpercaya, berkualitas, dan terjangkau dengan cara KLIK DISINI.

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment


Catagories

cerpen (1) drafting (8) editing (4) fiksi (12) karya ilmiah (4) Lomba (1) nonfiksi (8) novel (9) penulis (11) prewriting (2) Publishing (4) puisi (2) Tips dan Trik (20)

SEARCH