Wednesday, April 14, 2021

8 Manfaat Besar Menjadi Seorang Penulis

Profesi Penulis merupakan profesi yang sedang naik daun saat ini. Ada banyak faktor yang mendukung dan menyebabkan seseorang tertarik pada bidang profesi ini. Apalagi perkembangan teknologi informasi di era sekarang ini. Tidak mudah menjadi penulis.

Anda bisa menulis di platform tertentu untuk menarik banyak pembaca, dan kemudian Anda akan dikenal oleh orang-orang. Misalnya blog, wattpad atau media sosial seperti instagram, facebook, twitter.

Informasi seputar penerbitan buku, klik disini.

Internet telah menjadi gudang pengetahuan. Orang-orang yang terlibat dalam menulis di Internet sering dilirik oleh penerbit, seperti beberapa penulis Wattpad yang akhirnya terpilih untuk bekerja, atau penulis qoute dan puisi di media sosial, yang akhirnya mengumpulkan karya yang mereka buat di atasnya. Media sosial menjadi mahakarya. Dari portal berita, e-commerce, blog pribadi, situs web, dll., Jumlah pengguna artikel di industri media online juga meningkat pesat.

Nah, bagi yang suka menulis artikel, ini kesempatan yang bagus. Meskipun Internet sangat maju dalam olahpesan, buku masih menjadi media favorit untuk membaca. Jika seorang penulis belum menerbitkan buku, tetapi hanya sibuk menulis di media online, maka (mungkin) tidak layak disebut sebagai penulis.

Menulis buku memang membutuhkan banyak investasi waktu, tenaga, dan keuangan. Proses ini memakan waktu yang lama, dari segi penulisan, penyuntingan, produksi dan proses lainnya dapat memakan waktu beberapa tahun. Meski begitu, menjadi penulis tetap merupakan cita-cita yang sangat populer.

Di sisi lain, banyak orang yang menganggap bahwa menulis adalah bakat yang wajar. Ya, mungkin saja. Namun, penulis tidak hanya lahir dari orang yang bertalenta, tetapi juga orang yang rajin dan pantang menyerah untuk belajar dan berusaha.


Karena menulis harus melalui tahapan yang kompleks, tahapan tersebut akan menghabiskan energi, tenaga, dan keterampilan Anda untuk menghasilkan karya tulis yang menarik. Penulis harus menulis secara mendalam, dalam, dan ekstensif tentang objek-objek dalam tulisan, menemukan masalah, mengembangkan imajinasi, dan pandai membaca gejala-gejala fenomena tersebut. Untuk alasan ini, selama setiap orang memiliki kemauan yang kuat untuk melanjutkan proses ini, semua orang dapat mengambil risiko menjadi seorang penulis.

Berdasarkan uraian di atas tentang kesulitan menjadi penulis, apa manfaat menjadi penulis dengan karir yang menarik bagi orang-orang tersebut? Tentunya melalui kegiatan aktif seperti menulis, kita akan memperoleh banyak manfaat. Jadi mari kita lihat poin utama yang akan dijelaskan sehingga Anda akan memetik manfaat yang bisa didapat orang sebagai penulis:


1. Peningkatan wawasan

Keuntungan terbesar seorang penulis adalah peningkatan kosakata dan wawasan. Karena sebagai penulis, Anda tidak hanya harus mempertimbangkan baik penulis maupun pembacanya, tetapi juga membaca karya tulis Anda sendiri dan menjadi pembaca materi yang akan ditulis. Penulis akan berusaha mencari informasi dan bahan referensi yang lengkap, serta terus berpikir positif.


2. Sarana berdakwah

Menulis juga bisa digunakan oleh seseorang sebagai sarana penuntutan. Menulis memungkinkan siapa saja menjadi pembicara tanpa forum. Maka marilah kita menulis sesuatu yang positif yang mengandung ilmu, pengajaran dan pengalaman yang bermanfaat bagi orang lain agar kita bisa menjadi pendakwah melalui tulisan. Dakwahan tersebut tidak hanya berlaku bagi umat Islam, tetapi juga bagi pemeluk agama lain.

Oleh karena itu, seseorang yang ingin menjadi berdakawh tidak perlu melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain, hanya perlu menulis. Menulis adalah metode dakwah yang paling efektif dan praktis.


3. Dapatkan imbalan pahala (Amal Jariyah)

Semua orang akan mati, dan kita akan mati. Ketika kita mati, apakah kita dapat membawa semua hal yg kita miliki di dunia, selain amalan? Ya betul, tidak ada yg bisa kita bawa, selain mendapatkan bayaran atas dakwaan melalui tulisan hidup kita, tulisan ini akan tetap menjadi area ganti rugi kita setelah kita meninggal.

Karena karya yang kita tulis akan tetap dibaca oleh orang lain, manfaat yang mereka terima akan selalu bermanfaat bagi kita. Oleh karena itu, untuk alasan ini, kami berencana untuk memiliki setidaknya satu buku yang dapat disumbangkan ke dunia ini setelah kita mati untuk kepentingan umat manusia dan generasi mendatang.


4. Memotivasi orang lain

Sebagai seorang penulis, selain mendapatkan berbagai wawasan dari diri kita sendiri, hal itu pasti akan mempengaruhi orang lain. Kita bisa memotivasi dan menginspirasi seseorang dengan menulis. Melalui tulisan, kita bisa menyebarkan manfaat kepada orang yang bahkan tidak kita kenal.

Selain menjadi media dakwah tanpa mimbar, sebagai penulis, kita juga bisa menyapa orang lain tanpa harus bertemu. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


5. Hidup menjadi lebih sehat

Salah satu keuntungan dari menulis buku yang sedikit diketahui adalah terkait dengan efek kesehatan yang ditimbulkannya. Dengan menuangkan berbagai ide, secara tidak langsung akan menghilangkan kerutan pada kantung di bawah mata. 

Selain itu, kegiatan menulis dapat mengencangkan kulit dan menyehatkan jiwa. Hal tersebut tidak lepas dari kegiatan menulis itu sendiri, yang menuntut kita untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kita. Secara psikologis kita bisa membuang segala bentuk kesedihan atau perasaan di atas secarik kertas, sehingga kita bisa meninggalkan kesedihan yang kita rasakan.


6. Memperluas teman

Kami tidak hanya mendapatkan lebih banyak teman dari organisasi berikut, media sosial, dan forum tertentu. Melalui menulis, Anda juga akan bertemu banyak teman baru melalui proses yang sederhana. Teman ini adalah pembaca online dan offline (buku) kita. Karena itu, Anda bisa membangun hubungan dan pertemanan dengan mereka. Ini akan berguna untuk perkembangan bisnis Anda yang lain.


7. Dapatkan penghasilan

Setelah tulisan Anda selesai dan diterbitkan, tentunya akan ada pembelian. Apalagi jika buku Anda menjadi buku yang populer dan laris, Anda akan mendapat penghasilan lebih. Tidak hanya media buku, blogger dan media internet lainnya, anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat mencari uang.


8. Menjadi seorang selebriti

Buku-buku yang kita tulis dan terbitkan akan dibaca oleh orang-orang, dan kemudian orang-orang ini akan memahami kita, apalagi jika buku-buku yang kita tulis itu berbobot, para pembaca ini akan lebih mengenal kita. Oleh karena itu, nama kita akan lebih mudah dipercaya dan dibaca oleh orang-orang untuk membaca karya kita selanjutnya.


Itulah beberapa manfaat menjadi seorang penulis. Apakah setelah ini Anda akan mulai menulis? maka lanjutkanlah. informasi seputar penerbitan sebuah buku, novel, dll. Bisa berkunjung ke Penerbit Indie Anggota IKAPI berikut >>> Penerbit EL-MARKAZI

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment


Catagories

cerpen (1) drafting (8) editing (4) fiksi (12) karya ilmiah (4) Lomba (1) nonfiksi (8) novel (9) penulis (11) prewriting (2) Publishing (4) puisi (2) Tips dan Trik (20)

SEARCH