DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Saturday, January 21, 2017

Berani Menjadi Penulis Sukses? Jika Iya Lakukan 8 Tantangan ini


Mungkin Anda akan tertawa membaca judul tulisan saya ini. Ya, sebuah pertanyaan yang agaknya pantas bila dikatakan “konyol”. Saya pun terima-terima saja respon seperti itu. Lalu, jika saya ajukan pertanyaan itu kepada Anda, kira-kira apa jawabannya? Beranikah Anda menjadi penulis sukses? Ya, jelas berani, donk. Bukan hanya berani, tetapi malah sangat berharap. Siapa sih yang tidak ingin menjadi penulis sukses?

Baik, sama-sama kita luruskan. Kebanyakan dari kita menginginkan dirinya menjadi orang sukses. Tidak terkecuali yang berprofesi menjadi penulis. Kita semua ingin menjadi penulis yang sukses. Benar atau benar? Namun, menjadi penulis yang sukses itu bersyarat, lho. Jika kita menyatakan berani bahkan berharap menjadi penulis sukses, maka kita juga harus berani memenuhi syarat-syaratnya.

        1.      Ciptakan Budaya Menulis


Pastikan dalam kehidupan Anda bahwa menulis bukan sekadar selingan atau pengisi waktu kosong saja. Menulis harus sudah mendarah daging dalam diri Anda. Menulis merupakan profesi lain Anda, di samping profesi Anda saat ini. Jadikan menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup Anda. Ketika menulis merupakan sesuatu yang sudah membudaya dalam kehidupan, maka Anda dituntut untuk tidak meninggalkannya. Ketika itu juga Anda akan merasa jenuh dan merasa ada yang kurang ketika Anda tidak menulis. Menulis bukan lagi merupakan selingan dan kewajiban Anda, melainkan sesuatu yang Anda butuhkan.


        2.     Harus Konsisten

Ketika Anda memutuskan ingin menjadi penulis, maka Anda harus konsisten. Menulis tidak hanya sekali, dua kali, tiga kali, dan seterusnya. Namun, Anda dituntut untuk menulis terus-menerus. Artinya, Anda tidak perlu menulis banyak dalam sekali duduk. Anda cukup menulis beberapa halaman dalam sekali duduk. Yang terpenting terus-menerus atau konsisten dengan jumlah tulisan itu. Bukankah ada pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit? Ya, Anda harus menulis setiap hari.


Sisihkan waktu khusus untuk Anda menulis. Jangan waktu yang tersisa. Ingat, menulis bukan sebagai selingan atau pengisi waktu kosong. Namun, menulis adalah profesi tambahan Anda. Dan profesi itu menuntuk sikap profesional. Oleh karena itu, Anda harus membuat waktu khusus untuk menulis.

        3.     Terkonsep dengan Baik

Tulisan yang baik adalah tulisan yang terkonsep dengan baik pula. Ketika ide datang, maka Anda harus menentukan tema yang diangkat, lalu membuat konsep tulisan Anda. Konsep di sini dapat berarti gambaran umum atau peta konsep yang akan Anda tulis. Saat ini konsep ini banyak diistilahkan dengan outline. Konsep atau outline dibuat supaya penulis mengetahui alur tulisannya. 


Yang perlu dikerjakan adalah mengembangkan dan merangkai tulisannya. Dengan adanya outline, tulisan Anda tidak akan lari ke mana-mana. Kalaupun sempat keluar dari konsep, Anda bisa segera mengalurkan kembali untuk menarik ke dalam konsepnya. Selain itu, konsep juga mengantisipasi terjadinya kebuntuan. Karena di dalamnya ada petunjuk jalan yang bisa diikuti untuk terus menulis.

        4.    Kreatif


Kreatif adalah hal mutlak yang harus Anda miliki sebagai penulis. Penulis harus mampu menyajikan hal-hal yang belum diketahui atau hal-hal yang belum pernah dibahas orang. Jikalaupun terpaksa membahas sesuatu yang umum alias pasaran, penulis dituntut untuk membuat kemasan baru. Proses kreatif penulis itulah yang akan membuat tulisannya laris manis di pasaran. Jangan menjadi penulis yang menyajikan tulisan-tulisan yang “pasaran”, apalagi menjadi penulis copy paste. Buatlah tulisan sekreatif mungkin. Putar otak sekuat-kuatnya untuk dapat menyajikan tulisan-tulisan yang kreatif.



        5.     Kompeten


Penulis harus kompeten. Artinya, Anda sebagai penulis dituntut untuk memiliki keahlian (dalam hal menyajikan tulisan dalam suatu pembahasan) khusus. Misalnya, ketika Anda memiliki keinginan untuk menulis buku nonfiksi, maka Anda harus memiliki kemampuan atau kompetensi tentang itu. 


Anda harus benar-benar menguasai seputar buku nonfiksi. Ketika Anda berkeinginan menulis buku fiksi, maka Anda juga harus memiliki kompetensi (berkompeten) dalam hal menulis fiksi. Paham, kan, maksudnya? Intinya, Anda harus memiliki kompetensi pada buku yang Anda tulis.

        6.    Memiliki Kredibilitas


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kredibilitas berarti dapat dipercaya. Seorang penulis harus dapat dipercaya. Artinya, karya-karya yang tercantum nama Anda sebagai penulisnya harus benar-benar merupakan tulisan Anda. Bukan ringkasan atau parahnya hasil copy paste dari tulisan orang lain. Jika karya itu karya nonfiksi, maka Anda harus mampu mempertanggungjawabkan kevalidan datanya. Bagaimana dengan karya fiksi? Sama saja. Anda tetap harus bertanggung jawab atas karya Anda, jika mungkin terjadi sesuatu hal yang menyinggung Suku, Agama, Ras, dan Adat (SARA), walaupun beberapa penerbit sudah mewanti-wanti penulis supaya tulisannya tidak menyinggung unsur SARA.

        7.     Fokus


Penulis harus fokus. Artinya, ketika menulis satu tema, dia harus fokus dengan tema atau satu garapan itu dulu. Jangan mudah tergoda oleh ide-ide atau tema-tema yang lain. Cukup dengan menyimpan mereka dan menggarap mereka setelah satu garapan yang sedang Anda garap selesai. Setelah itu baru beranjak ke yang lain.

        8.     Jalin Komunikasi/Jaringan


Penulis adalah orang yang ramah kepada orang lain di lingkungan sekitar. Sebagai penulis Anda tidak boleh angkuh. Anda dituntut untuk bersedia berbaur dengan teman-teman Anda, baik yang sesama penulis maupun bukan penulis. Dengan begitu, orang banyak yang mengenal Anda dan ketika kebaikan Anda yang dikenal, maka ada kemungkinan mereka mendoakan Anda untuk senantiasa sukses dalam menjalani profesi sebagai penulis.

Ingin menjadi penulis sukses? Itulah kunci-kuncinya yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment

Catagories

SEARCH