DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Friday, May 6, 2016

Langkah Praktis Mendapatkan Ide untuk Menulis


Ide merupakan ruh atau nyawa dalam dunia menulis. Tanpa ide, tulisan akan mati. Maksudnya, tulisan tidak akan terarah dan hanya sekadar tulisan yang tidak bermakna. Sukino (2010: 31) menyatakan bahwa ide merupakan hal yang menjadi landas tumpu dalam penulisan. Maksudnya, ide adalah patokan atau landasan atau pondasi dalam menulis. Ide yang baik akan menghasilkan tulisan yang baik pula.



Ada pertanyaan yang sering muncul tentang ide. Bagaimana mendapatkan ide? 

Seseorang bisa mendapatkan ide dengan cara-cara praktis berikut.

1. Pelajari ide orang lain. Memelajari ide orang lain bukan berarti menjiplak atau men-copy paste ide orang lain. Maksudnya di sini adalah penulis harus banyak-banyak membaca karya orang lain. 

Dengan banyak membaca tulisan atau karya orang lain secara tidak langsung juga membaca ide-idenya. Dengan demikian, pikiran Anda akan terangsang untuk menciptakan sebuah ide baru yang kreatif. Mengapa demikian? Penulis ditakdirkan memiliki potensi kreatif. 

Memelajari ide orang lain berarti merangsang potensi kreatif. Ide orang lain yang Anda baca ibarat sebuah kunci yang membuka jalan pikiran bagi ide-ide brilian Anda.

Baca juga : Panduan Cara menulis Karya Ilmiah

2. Pengalaman Pribadi. Ada beberapa buku yang di tulis berdasarkan atas pengalaman pribadi si penulis. Biasa buku yang di tulis dari pengalaman pribadi akan lebih cepat menulis dan selesainya, karena kejadian sudah pernah di alami penulis.

3. Pengalaman Orang lain. Selain mempelajari ide orang lain, kita bisa juga menulis dari pengalaman orang-orang di sekitar kita. Bisa ambil dari satu orang atau lebih. Tinggal bagaimana cara kita memodifikasi nya agar nyambung dan menarik untuk dibaca.


4. Tingkatkan wawasan. 
Penulis sangat identik dengan kegiatan membaca. Penulis juga dituntut untuk selalu meng-upgrade wawasannya. Karena penulis harus berbagi hal baru kepada pembaca. Oleh karena itu, penulis harus banyak membaca untuk meningkatkan wawasannya. 

Sangat dianjurkan penulis melakukan riset atau kajian tentang sesuatu hal tertentu. Intinya, penulis harus selalu meningkatkan wawasan atau pengetahuannya.

5. Ciptakan suasana yang menunjang. Ciptakan suasana hati yang tenang sehingga akan hadir mud Anda dalam menulis. Selain faktor dari dalam diri, juga faktor lingkungan harus menunjang Anda menulis. Faktor internal dan eksternal harus menunjang sehingga Anda akan menulis dengan nikmat.

6. Renungkan. Merenung? Maksudnya, Anda memadukan antara wawasan atau pengetahuan dengan kondisi batin. Lalu, biarkan imajinasi berjalan atau bisa juga dikatakan bermimpi. Imajinasi atau mimpi itulah yang akan memunculkan ide-ide baru.

7. Berlatih. Bagian puncak dari menggali ide adalah berlatih. Layaknya kegiatan olahraga atau yang lainnya, Anda akan mahir bila sering berlatih. 

Cara mendapatkan ide cukup mudah, kan? 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai ide.

Dalam menemukan ide jangan sampai Anda mencarinya asal-asalan yang penting dapat. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan mengenai ide, di antaranya sebagai berikut:

1. Ide harus spesial. Orang akan tertarik dengan sesuatu yang berbeda, tidak sama dengan yang lain (pasaran), atau bisa dikatakan spesial. Begitu pun ide. Ide yang spesial akan menghasilkan karya yang spesial juga. Dengan begitu, akan pembaca banyak yang tertarik menikmati karya Anda.

2. Ide harus asli. Walau penulis harus memelajari karya-karya orang lain, tetapi harus mampu menciptakan ide sendiri. Ide atau karya orang lain mestinya dijadikan sebagai kunci untuk membuka pintu ide-ide baru yang berasal dari diri sendiri, bukan ide orang lain.

3. Ide harus menarik. Seorang penulis dituntut mampu menarik pembaca dengan ide-idenya yang menarik. Tidak asal menemukan ide saja. Karena ide yang menarik akan menentukan buku di terima atau tidak dengan pembaca.

Itulah sekelumit bacaan tentang ide. Selamat mencoba.

Baca Juga : Cara Menulis Cerpen untuk Pemula


----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




Silahkan di SHARE Jika Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Catagories

SEARCH