DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Saturday, May 14, 2016

Mengenal Lebih Dalam Seputar Dunia Nonfiksi


Nonfiksi adalah karya yang tidak mengandung unsur fiktif atau cerita atau kisah. Karya nonfiksi dapat berupa tulisan tentang pengembangan, motivasi, karya ilmiah, dan karya-karya yang lainnya.

Karya Tulis Nonfiksi

Karya tulis yang termasuk dalam nonfiksi terbagi menjadi bagian-bagian berikut.

1. Karya Ilmiah
Susetyo (2009: 6) menyatakan bahwa karya ilmiah adalah suatu karya tulis, baik berupa hasil penelitian, pemikiran, atau pengamatan yang ditulis berdasarkan langkah-langkah dan metode ilmiah disajikan dengan bahasa Indonesia ragam ilmiah sesuai dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah. 



Karya ilmiah terbagi menjadi dua bagian, yaitu pendidikan dan penelitian.


Baca juga : 3 Bagian Penting dalam Membentuk Buku

    a. Pendidikan
        Dari bidang pendidikan, karya ilmiah terdiri dari beberapa bagian berikut.
         1) Kesarjanaan
Karya ilmiah yang berhubungan dengan kesarjanaan terdiri dari beberapa bentuk, di antaranya skripsi, makalah, dan artikel jurnal. Namun, karya ilmiah paling utama pada jenjang kesarjaan adalah skripsi. Skripsi ditulis untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1) dan penyusunannya dibimbing oleh seorang dosen atau tim yang ditunjuk oleh lembaga pendidikan tinggi atau universitas.

         2) Didaktik
Secara umum didaktik diartikan sebagai teori pembelajaran. Didaktik merujuk pada ilmu pembelajaran. Jadi, titik tekan didaktik adalah ilmu yang didapat dari proses pembelajaran baik berupa teori maupun praktik.

         3) Referensi
Referensi adalah tulisan, karya, atau buku-buku yang menjadi bahan rujukan atau pedoman dalam penulisan, baik berupa karya ilmiah maupun nonilmiah. 

Dalam karya ilmiah, referensi merupakan salah satu yang wajib ada. Unsur yang ditulis dalam rujukan daftar pustaka secara tertib atau berurutan meliputi:
Ø Nama pengarang. Ditulis dengan nama belakang terlebih dahulu, lalu nama depan dan nama tengah (bila ada) tanpa menyertakan gelar.
Ø Tahun penerbitan. Angka tahun terbit buku yang menjadi bahan referensi atau rujukan.
Ø Judul. Judul ditulis dengan dicetak miring atau digarisbawahi.
Ø Kota tempat terbit.
Ø Nama penerbit.

Jarak antarbagian di atas diberi tanda titik (.) lalu spasi, kecuali pada jarak antara kota tempat terbit dan nama penerbit, yang diberi tanda titik dua (:) lalu spasi.

   b. Penelitian
Karya nonfiksi juga bisa berupa penelitian. Karya ilmiah yang dihasilkan dari hasil penelitian adalah:
       
        1) Hasil Riset
Riset menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik. Dari pengertian itu dapat disimpulkan bahwa hasil riset adalah suatu karya yang merupakan hasil dari penelitian terhadap suatu masalah yang dilakukan secara sistematis, kritis, dan ilmiah.

        2) Makalah
Susetyo (2009: 8) menyatakan bahwa makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah menyajikan masalah dengan melalui proses berpikir deduktif atau induktif. Makalah disusun biasanya untuk melengkapi tugas-tugas mata kuliah tertentu.

        3) Artikel
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Secara umum artikel adalah suatu karya tulis yang lengkap yang disajikan dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas yang salah satu media pemublikasinya adalah media massa seperti koran dan majalah. Artikel ditulis berdasarkan pemikiran atau pandangan atau ide atau gagasan pribadi yang didukung oleh data dan fakta. Tujuan utama dari penulisan artikel adalah menyampaikan pendapat tertulis kepada khalayak.

Baca juga : Cara menulis yang baik dan benar

2. Jurnalistik
Secara umum jurnalistik dapat diartikan sebagai suatu proses, teknik dan ilmu pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan publikasi berita. Karya tulis berbentuk jurnalistik umumnya berbentuk berita yang dipublikasikan, baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media online. Adapun secara terperinci, karya tulis jurnalistik terdiri dari:

   a. Laporan
Secara umum laporan dapat diartikan sebagai suatu bentuk pemberitaan, penyampaian keterangan, pemberitahuan atau pertanggungjawaban secara lisan atau tertulis. Laporan yang tertulis merupakan salah satu karya tulis nonfiksi yang disampaikan kepada pihak yang berwewenang tersampaikannya laporan.

Laporan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

       1) Berita
Secara umum berita dapat diartikan sebagai suatu laporan tentang kejadian yang disampaikan melalui lisan dan tulisan. Adapun berita dalam bentuk tulisan sering dimuat melalui media online atau media cetak. Dalam media online berita biasanya disampaikan melalui facebook, blog, e-mail, dan lain-lain. Sedangkan dalam media cetak berita biasanya disampaikan melalui koran, surat kabar, dan lain-lain.

       2) Feature
Feature merupakan salah satu tulisan nonfiksi yang merupakan hasil peliputan tentang suatu objek atau peristiwa atau fakta yang terjadi yang bersifat informatif (memberi informasi), mendidik, menghibur, meyakinkan, dan menarik simpati dan empati pembaca.

       3) Reportase
Reportase dapat diartikan sebagai laporan lengkap dan interpretatif dari lapangan langsung yang dilakukan seorang jurnalis media elektronik secara seketika. Tujuan reportase adalah memberikan informasi tentang fakta-fakta yang menarik perhatian, baik dilengkapi wawancara atau tidak.

   b. Ulasan
Ulasan atau teks ulasan dapat diartikan sebagai suatu karya tulis yang menyajikan ulasan atau penilaian atau komentar mengenai suatu karya, baik karya tulis atau nontulis. Ulasan berisi tulisan-tulisan yang berupa kritisi yang membangun. Ulasan terbagi menjadi empat bagian berikut.

       1) Resensi
Resensi adalah suatu penyajian tertulis tentang penilaian terhadap suatu karya, baik karya tulis maupun nontulis. Resensi ditulis atau dibuat membahas tentang kelebihan, kekurangan, dan informasi yang didapat dari suatu karya, termasuk buku, yang disampaikan kepada khalayak pembaca.

       2) Kritik
Kritik adalah analisis atau evaluasi terhadap sesuatu yang tujuannya untuk meng-upgrade pengetahuan, mengapresiasi, dan membantu memperbaiki suatu pekerjaan yang disampaikan secara lisan atau tertulis. 

       3) Esai
Esai adalah suatu karya tulis yang berisi pandangan atau pendapat penulis terhadap subjek atau objek yang dilihat. Esai juga bisa berupa penilaian terhadap sesuatu.

       4) Artikel
Selain untuk menyampaikan informasi, artikel juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengulas, menilai, atau mengevaluasi sesuatu. Misalnya, artikel tentang pandangan terhadap sistem pendidikan saat ini yang sering menghiasi koran-koran, majalah-majalah, dan media yang lain.

3. Bisnis
Karya tulis nonfiksi dapat berupa karya tulis yang membahas bisnis. Karya tulis tentang bisnis terbagi menjadi tiga bagian.

   a. Kehumasan
Humas (hubungan masyarakat) adalah seni menumbuhkan perhatian publik dengan tujuan memperdalam kepercayaan publik terhadap individu atau kelompok. 

IPRA (International Public Relations Association) menyatakan bahwa humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka.

Karya tulis kehumasan yang dimaksud di sini adalah karya tulis yang menyangkut tentang hubungan masyarakat (humas).

    b. Kedinasan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dinas adalah bagian kantor pemerintah yang mengurus pekerjaan tertentu. Dinas juga bisa diartikan sebagai jawatan. Selain itu, dinas juga bisa berarti segala sesuatu yang bersangkutan dengan jawatan (pemerintah), bukan swasta. Kedinasan yang dimaksud di sini adalah karya tulis yang berkenaan dengan dinas.

    c. Pemasaran
Secara umum pemasaran dapat diartikan sebagai suatu sistem yang bertujuan untuk memasarkan suatu barang. Karya tulis tentang pemasaran bisa berbentuk tips-tips bagaimana memasarkan barang atau jasa supaya laris manis, sesuai dengan target pasarnya.

Demikian sekelumit informasi tentang karya tulis nonfiksi. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Bagaimana cara menggunakan tanda baca koma (,) yang baik dan benar

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment

Catagories

SEARCH