DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Wednesday, May 4, 2016

Cara menulis yang baik dan benar


Salam berkarya. Apa kabar kamu? Iya kamu?
Sudah menulis hari ini? Apapun itu. Sms, whatssapp, line, bbm, status, atau mungkin sebuah cerita di awal pagi ini sudah kamu tuliskan. Apapun itu selamat buat kamu yang sudah berhasil untuk menulis pada awal hari ini. Tentunya akan lebih enak jika kita mampu menulis yang baik dan benar, sehingga tulisan kita menjadi lebih apik dan menarik, tidak hanya bisa dinikmati sepasang mata kita saja, namun dinikmati oleh berbagai pasang mata yang lainnya. Bagaimana sih caranya yuk kita kupas satu-satu.

PENGERTIAN MENULIS
Sebelum kita memasuki langkah yang lebih jauh dalam menulis apalagi membuatnya menjadi rangkaian kata yang baik dan benar, kita harus tahu dulu pengertian menulis. Ada beberapa pendapat menurut para ahli tentang pengertian menulis. Pertama menurut akhadiah, S.dkk. (1988:2), menulis merupakan suatu proses, yaitu proses penilaian. Ini berarti dalam melakukan kegiatan menulis ada beberapa tahap. Tahap-tahap itu dari prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap revisi. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang memiliki tahapan.


Sementara itu menurut para ahli yang lain, syamsudin (1991:2), dalam arti sederhana menulis itu mencoret-coret dengan alat tulis, dan dalam arti sesungguhnya menulis adalah salah satu jenis keterampilan berbahasa yang dimiliki dan digunakan oleh manusia sebagai alat komunikasi tidak langsung.

Dari beberapa pendapat diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa menulis adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk bisa menjadikannya berguna ataupun hanya sekedarnya saja. Membuat tulisanpun tidak bisa sembarangan, seperti pendapat dari Akhadiah sebelumnya yang mengatakan menulis adalah sebuah proses penilaian, jadi ketika membuat sebuah tulisan harus memperhatikan apakah itu akan menjadi sebuah hal yang baik dan benar. Bagaimana caranya? Yuk kita pahami lagi lebih mendalam tentang menulis.
SYARAT TULISAN YANG BAIK
Nah ini kita masuk bagaimana membuat tulisan yang baik. Beberapa seminar atau pelatihan yang diisi oleh penulis-penulis terkenal memiliki jawaban unik tersendiri tentang hal ini. Jika ingin ditanyakan tulisan yang baik itu seperti apa, jawaban singkatnya adalah tulisan yang ditulis. Lho kok gitu? Semua orang bisa dong?  Santai, jangan emosi dulu, kan itu jawaban singkatnya. Karena sebaik apapun tulisan kalo hanya menjadi angan tidak akan tahu apakah itu tulisan yang baik atau bukan kan?


Selain itu, tidak ada yang namanya tulisan yang jelek, hanya saja gaya, cara, dan apa yang orang tulis itu berbeda sehingga tidak ada indikator baku yang membuatnya baik atau tidak. Menulis cerpen, novel, artikel ilmiah, puisi, memiliki syarat yang menunjukkan tulisan itu menjadi baik. Namun tetap ada koridor tertentu hingga sebuah tulisan mampu menjadi baik dalam arti secara umum.

Pertama, menulislah dengan ketulusan dan menggunakan hati. Ketika menulis curahkan semua apa yang ingin kamu tulis, dan biarkan itu mengalir, sehingga akan membuat orang atau kamu sendiri membaca tulisan kamu benar-benar murni buah pikiran yang baru.
Kedua, ketika kamu menulis agar bisa dibaca orang lain, gunakan kata-kata dan kalimat sederhana dalam penulisannya. Gunakan tulisan yang mudah dipahami dan dimengerti apalgi jika targetnya umum.

Ketiga, fokuskan tulisan kamu dengan satu isi jangan bertele-tele. Ketika kamu ingin menuliskan tentang keindahan pelangi cukup fokus disana, tidak perlu melukiskan hutan, danau, samudera yang juga menjadi dominan, jika hanya sebagai pelengkap tidak masalah.
Berikutnya, buatlah tulisan yang komunikatif. Kebanyakan orang suka dengan cerita, maka dari itu buatlah tulisan seakan berbicara dengan pembaca dan mengajak mereka untuk merasa terlibat dalam bacaan.

Terakhir, berikan pesan dan kesan yang baik dalam sebuah tulisan. Jika menulis untuk menghasut dan memecah belah orang lain tentunya ini bukan sebagai tulisan yang baik dalam sudut pandang umum. Buatlah tulisan bermanfaat dan apa yang disampaikan bisa menjadi panutan dan contoh bagi orang banyak.
Baca juga : Inilah 6 Langkah Menulis yang biasa dilakukan Penulis-penulis terkenal
Kurang lebih inilah yang diperlukan untuk membuat tulisan menjadi baik. Namun baik saja terkadang tidak cukup. Kita juga memerlukan untuk membuat tulisan yang benar, karena hal yang baik dalam pandangan kita belum tentu benar dalam pendangan orang lain begitu juga sebaliknya, maka dari itu, alangkah baiknya jika bisa menyatukan keduanya. Apa aja syaratnya, kita lanjutkan kursor kita membaca paragraf selanjutnya.

SYARAT TULISAN YANG BENAR
Ketika sudah menulis dengan nyaman dan baik, mungkin ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam tulisan, yaitu membuat tulisan menjadi benar. Kok terasa agak gantung dan dipaksain ya?

Tidak masalah, karena kata detektif conan kebenaran itu hanya ada satu, hehe.
Nah bagaimana agar tulisan kita tidak hanya menjadi tulisan yang baik namun juga benar?  Langkah-langkah membuat tulisan baik tadi bisa saja memenuhi isi tulisan kita agar menjadi benar, namun tentunya ada yang lebih detail lagi yang perlu diperhatikan untuk membuat tulisan menjadi benar.


Lihatlah bagaimana struktur tulisan yang dibuat, sudah pas atau masih banyak yang kurang. Meskiun tulisan kita sudah menarik dan baik, namun jika sususnannya kacau balau tentunya akan pusing juga kita membacanya.

Berikutnya perhatikan EYD dan typo. Kita terkadang kurang mendalami dan mengetahui hal seperti ini sehingga membuat tulisan kita yang menarik jadi terasa “berlobang”. Jangan anggap remeh hal ini. Jika ingin memiliki tulisan yang baik tentunya hal seperti ini pun harus kita ketahui.

Susunan kalimat dan tujuan tulisan. Buatlah tulisan yang benar-benar runtut sehingga tidak membuat bingung dan pusing pembaca. Jika beralasan, “tulisanku tidak perlu dibaca orang lain” sehingga membuat tulisan yang asal-asal itupun tidak menjadi bagus, karena kita kurang mampu menghargai diri sendiri dengan tidak memberikan yang terbaik kepada diri sendiri.
Baca juga : 7 Alasan yang sering dihadapi penulis pemula dan cara mengatasinya
Hal-hal sederhana dalam menulis inilah yang mampu menunjang kemampuan dan kualitas tulisan kita agar menjadi lebih baik dan terus berkembang. Jika sudah paham, saatnya kita MENULIS, dan inilah langkah-langkah yang bisa Kamu gunakan untuk memulai tulisan hebatmu.

Langkah-langkah sebelum menulis
1.     Niat. Kelihatannya sepele namun ini adalah hal penting yang akan membuat tulisanmu menarik atau tidak. Jika niat kamu tulus untuk memberikan manfaat kepada orang lain, tentunya apa yang kamu tulis akan terasa mengalir dan benar-benar baik
2  
                 Tentukan apa yang akan ditulis. Belum ada judul tidak masalah, yang penting dirimu tahu hal apa yang akan ditulis. Misalnya, ingin menuliskan tentang kisah kehidupan di pondok pesantren. Atau kalau ingin menulis karya tulis, ingin menulis tentang manfaat buah kelapa.

3.      Pastikan keadaan yang ada. Ketika menulis kamu harus mampu mengambil pikiran orang lain untuk mampu menikmati tulisan, ketika apa yang mereka pikirkan terasa pas dengan apa yang kamu tuliskan, tentunya akan menjadi bagus dan bermanfaat.



4.      Gunakan sudut pandang spesial. Meskipun kamu ingin agar orang mampu memiliki pikiran yang sama dan setuju dengan apa yang dituliskan, gunakanlah cara yang berbeda dalam menuliskannya. Dengan isi yang berbeda pembaca tidak akan bosan dan akan merasa bahwa kamu adalah orang yang kreatif dalam menulis

5.      Menulislah. Satu-satunya hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui pakah tulisan kita baik atau tidak adalah denga menuliskannya, mulai sekarang atau tidak sama sekali.

Oke, itulah sedikit bahasan kita tentang hal dasar menulis. Jika ingin terus menulis jadikan hal itu kebiasaan setiap hari, dan bergabunglah dengan teman-teman yang suka menulis, dengan itu akan ada suntikan baru setiap harinya untuk menulis. Salah satunya komunitas yang diisi dengan penulis-penulis muda FRAME (ForumRafflesia Menulis).

Teruslah menulis hingga tangan tak mampu lagi untuk menulis.


----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




Silahkan di SHARE Jika Bermanfaat

4 comments:

  1. informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara berbicara didepan umum silahkan kunjungi website di bawah ini
    http://fikom.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete
  2. Informasinya menarik mas. Saya suka. Jangan lupa kunjungi balik blog saya ya mas.

    ---

    Kungjungi juga blog http://suwandonadi.blogspot.com
    Ada info menarik soal Kiat-kiat menulis, contoh PKM, Info Lomba dan berbagai informasi menarik lainnya..

    ReplyDelete

Catagories

SEARCH