DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Thursday, May 12, 2016

Cara membuat Judul Novel yang Menarik


Salam berkarya para penulis. Kali ini menulis novel yang akan kita fokuskan. 
Sudah punya novel karya sendiri? Atau sudah berapa banyak novel yang dipunya? 
Kenapa tertarik membelinya? Pasti beragam alasan yang menjadi jawabannya. 

Namun yang tidak bisa kita pungkiri salah satunya adalah judul yang menjadi penentu sebuah bukubisa menarik perhatian pembacanya. Sebagai penulis pemula, penting untuk bisa membuat judul yang menarik sebagai poin awal sebuah buku. 

Dengan menggunakan judul  yang menarik akan menambahkan nilai jual pada tulisan atau buku kita. Banyak cara untuk bisa membuat judul yang menarik, beberapa diantaranya ...


Menggunakan judul yang provokatif
Apa sih judul yang provokatif? Judul ini biasanya bertolak belakang dalam pandangan umum. judul provokatif dibuat agar semakin mudah untuk  bisa menarik pembaca. Beberapa contoh judul buku yang memiliki provokatif yang tinggi. 

Bukan untuk dibaca, buku, bukankah ada untuk dibaca? Namun judul yang ada pada buku ini kebalikannya. Yang akhirnya membuat penasaran dan menjadi buku best seller dalam dua jilidnya.
Ada juga the power of negatif thinking, secara umum orang pasti akan berpikir yang namanya memilih tentunya berpikir positif jauh lebih baik ketimbang negatif. Namun penulis memberikan sudut pandang lain tentang berpikir negatif. Ada juga buku mati aja yuk. Secara logika siapa sih yang mau diajak mati. 


Setiap orang tentunya ingin terus bisa hidup menikmati alur kehidupan. Kebanyakan orang takut untuk mati, namun penulis mengemas isi dan judul membuat sebuah kematian bukanlah hal yang perlu ditakutkan.

Bagaimana dengan novel? Bisa juga kamu gunakan judul-judul yang menggebrak atau tidak biasa. Salah satu novel yang belum lama ini baru dilaunchingkan dan diterbitkan dengan judul Pelangi Hitam di Langit Marlborough. 

Yang kita tahu bukankah pelangi itu berwarna-warni dan memiliki keindahan, bagaimana mungkin bisa berwarna hitam. Ini beberapa contoh judul yang mungkin bisa dipakai. Pahlawan jahat, ini bisa jadi judul yang menarik karena pikiran kita pada umumnya mengetahui bahwa yang namanya pahlawan itu adalah baik. Atau Matahari gelap , ini bisa jadi judul yang menarik juga, karena semua orang tahu, yang namanya matahari itu bercahaya dan menghasilkan sinar yang terang.
Jadi apa judul provokatifmu?

Membuat judul yang penasaran
Ketika membuat judul, otomatis yang bisa membangun rasa penasaran pembaca. Jangan sampai mudah tertebak. Novel-novel yang baik memiliki judul yang mengundang pembaca untuk tahu. Contohnya novel dari penulis terkenal Tere Liye dengan judul Hujan. Siapa yang bisa menebak bahwa novel hujan ini menceritakan tentang kehidupan di bumi di masa depan. Dengan dua tokoh utama, dan hujan sebagai momentum keadaan yang menghubungkan mereka.

Ketika kamu membuat sebuah judul, pikirkan dengan cermat bagaimana agar banyak orang yang mau membaca dan tertarik dengan bukumu. Judul lain yang bisa juga membuat kita penasaran sekaligus bisa masuk juga sebagai judul provokatif Surat Dari Israel, kumpulan cerpen karya pemuda bengkulu ini membuat banyak orang bertanya-tanya? Kenapa Israel? 

Yang mungkin kebanyakan orang lebih mendukung untuk negara Palestina. Ada yang pernah menanyakan bendera Israel yang tertera pada cover buku ini. Apakah penulis mendukung Israel atau yang lainnya.

Jadi membangun rasa penasaran orang memang penting. Melalui judul kamu bisa membuat orang lain untuk menyukai bukumu. Buatlah orang bertanya-tanya sehingga mampu membuat bukumu menarik bagi orang lain.

Judul yang pas
Ketika membuat judul kamu harus memperhatikan seberapa efektif kalimat dan kata yang kamu pakai untuk judul novelmu. Gunakan kalimat yang pas. Meskipun tidak ada aturan baku dalam membuat judul, tetap perhatikan apakah panjang pendeknya judul akan mempengaruhi novelmu? 

Terkadang judul yang terlalu pendek membuat orang terkesan meremehkan dan menganggap kata miskin kata. Judul yang terlalu panjang akan membangun imej kamu terlalu agresif dan bertele-tele.

Buatlah judul yang baik. Panjang tapi mampu mengangkat respon pembaca itu bagus. Pendek membuat orang penasaran kenapa tidak. Untuk judul-judul pendek ada beberapa contoh yang tetap bisa membuat orang penasaran, seperti Rindu, Hujan, 5cm, ?, itu semua contoh judul pendek namun mampu membuat orang tertarik dan mau untuk menikmatinya.

Ada juga judul-judul panjang seperti Nantikanku di Batas Waktu,Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta, Sakura Berguguran di Beranda Mekkah. Meskipun judul-judul buku tersebut terbilang panjang  namun tetap saja mampu menarik untuk dibaca orang lain. Tentunya tidak mengenyampingkan kualitas isi tulisan yang tetap mampu untuk memberikan yang terbaik bagi pembaca.



Membuat judul dengan nama
Ketika membuat judul buku dengan nama, buatlah sesuatu yang tetap membuat orang tetap tertarik. Pemilihan nama dan penggunaanya dalam membuat judul menentukan bagaimana hal itu akan bisa menarik pembaca. Nama yang biasa atau tidak memiliki kekuatan akan membuat bukunyapun terlihat biasa saja.

Jika hanya ingin membuat judul dengan nama saja, pastikan nama itu bisa menggugah dan juga penasaran. Beberapa contoh judul buku yang menggunakan nama seperti Harry Potter (J.K. Rowling), Aisyah Putri (Asma Nadia),Ashtin Karimyeva (Arif Apriyadi Pangestu). Terbukti judul-judul buku tersebut menarik di pembaca dan laku di pasaran.

Selain itu ada juga alternatif untuk membuat judul dengan nama di dalamnya. Seperti buku Helvy Tiana Rosa Ketika Mas Gagah Pergi. Nama Mas Gagah yang menjadi tokoh utama mejadi bagian dari judul buku tersebut. Ada juga Novel baru karya Keken Cana dengan judul Stoples Pelangi Ayasofya. Tidak ada yang mengira bahwa Ayasofya adalah nama tokoh yang ada di dalam novel tersebut.

Baca juga : 3 Bagian Penting yang Membentuk Buku

Bagaimana Kamu sudah memiliki judul untuk bukumu? Ingat apapun judulnya pastikan menarik dan mampu menaikkan minat pembaca. Selamat menulis.



----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

3 comments:

  1. Kak bisa kasih saran gak? Kalau aku buat judul novel ku Love Story dengan memakai nama pemeran utamanya kira2 menarik gak yaa.. 😊 thanks

    ReplyDelete
  2. Bingung nentuin judul.. Tpi buat judul dgn genre cerita fantasy, bagusnya apa?

    ReplyDelete

Catagories

SEARCH