DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Wednesday, May 11, 2016

Belajar Menulis dari Leicester City? Emang Bisa?


Belajar menulis dari Leicester City? Memang bisa? Adakah hubungan belajar menulis dan Leicester City? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mungkin langsung menghantui benak Anda saat membaca judul ini. Baik, saya akan menjawab pertanyaannya satu-satu. Namun, saya tidak menjawabnya secara langsung. Jadi, saya harap Anda membaca tulisan singkat ini sampai selesai. Jika ada pertanyaan seputar ini mohon ditahan dulu. Oke?

Pertama, kita akan bahas sekilas tentang Leicester City. Tidak terlalu banyak, karena saya menduga Anda sudah membaca bahkan sudah tahu beritanya. Yup, benar sekali. Leicester City untuk pertama kalinya sukses merebut Tahta Juara Liga Inggris, musim ini (2015/2016). Leicester City sukses mengguncang Negeri Ratu Elizabeth sebelum Liga Inggris musim ini sepenuhnya berakhir. 


Masih menyisakan dua laga lagi. Namun, The Foxes (julukan Leicester City) sudah memastikan diri menjadi juara dengan raihan poin 77, terpaut 7 poin dari Tottenham Hostpurs yang menguntit di posisi kedua yang mengoleksi 70 poin. Walau mungkin dua pertandingan terakhir Tonttenham menang pun tidak akan menggoyahkan posisi Leicester City. Ada sesuatu yang istimewa dari Leicester City. Ya, klub yang hanya bermodalkan para pemain ‘kelas kedua’ mampu menyingkirkan klub-klub besar yang memiliki segudang pemain top.

Kedua, kita akan bahas tentang menulis. Ada beberapa poin penting yang dapat Anda jadikan pelajaran bagi Anda yang hendak atau sudah mulai menulis, tidak terkecuali bagi yang menganggap diri Anda memiliki kendala dalam menulis. 

Baca juga : 8 Rahasia Agar Naskah Cepat Selesai

Yuk, simak poin-poin penuh hikmah yang dapat kita jadikan pelajaran.

1. Semangat
Hal pertama yang dapat diambil dari kisah Leicester City adalah semangat. Klub sepakbola dengan pemain apa adanya, tetapi mereka memiliki mental juara. Semangat mereka bahkan mampu mengalahkan klub-klub besar sekaliber Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, Liverpool, Tottenham Hotspurs, dan klub-klub lainnya. Seorang penulis harus memiliki semangat itu. 

Tidak peduli banyaknya kendala yang harus dihadapinya. Saya pernah mendengar ada sebuah pertanyaan yang menanyakan bagaimana bisa menulis kalau tidak memiliki laptop? Gampang, ambil pena dan kertas lalu tulislah. Simpel, kan? Lalu, kalau ada pertanyaan, tapi tapi dan tapi, kembalikan saja pertanyaannya, “Mau jadi penulis ga?” 

2. Percaya Diri

Hal kedua yang dapat diambil adalah percaya diri. Lihatlah betapa percaya dirinya Leicester City saat berlaga di tengah klub-klub besar Liga Inggris, hingga mereka mampu menyabet gelar juara. Ketika Anda ingin menjadi penulis, Anda harus percaya diri. Jangan minder ketika bertemu dengan penulis yang sudah menerbitkan beberapa buku atau bahkan penulis-penulis besar. 

Setiap penulis memiliki kelebihan dan sisi unik masing-masing. Dan termasuk Anda, ada sesuatu hal yang tidak dimiliki penulis-penulis lain, termasuk penulis besar sekalipun. So, jaga sifat percaya diri Anda dan tetaplah wujudkan cita-cita Anda menjadi penulis besar dan hebat, lebih dari mereka para penulis besar yang ada sekarang.

Baca Juga : 8 Kunci Menjaga Semangat Menulis

3. Tidak Takabur
Walau saya menyatakan Anda harus percaya diri, tetapi bukan berarti saya menyarankan Anda untuk takabur (sombong) atau tinggi hati. Percaya diri itu ada batasnya. Kita semua, termasuk penulis, sangat dilarang untuk takabur. Ketika kita tidak takabur, maka kita masih bersedia untuk belajar. Terus dan terus memperbaiki diri dalam prosesi kepenulisan. 

Lihatlah klub-klub besar peserta Liga Inggris lain musim ini, yang begitu superior. Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, Liverpool, Tottenham Hotspurs, dan klub-klub lain yang sudah beberapa kali menjuarai Liga Inggris. Mereka bisa dikalahkan, bukan? Jadi, ketika Anda sudah menerbitkan beberapa buku, STOP sifat takabur. 

Buang jauh-jauh sifat itu. Ingat, betapa takabur (sombong) Iblis sehingga mereka membangkang dari perintah Allah untuk bersujud (menghormati) manusia (Nabi Adam a.s) karena merasa dirinya lebih baik, maka sejak itu pula mereka berstatus ar-Rajim (terkutuk). Bukan mereka tidak beribadah, tapi hanya karena mereka menyombongkan diri. 


4. Jangan Terlalu ‘Mengaminkan’ Kata Orang
Ketika Anda hendak memulai sesuatu, hal positif sekalipun, akan ada omongan orang di sekitar Anda. Benar atau benar? Yup, benar sekali. Bahkan hal positif saja bisa jadi bahan pembicaraan orang, bagaimana dengan hal negatif? Ketika orang mengetahui bila Anda bercita-cita menjadi penulis dan hendak memulai langkah awal, saya mengira akan ada perbincangan di sekitar Anda. Dan yang dibicarakan itu Anda. 

Biasanya muncul celotehan-celotehan mereka, “Memangnya bisa?”atau mereka menusuk Anda dengan pujian beriring senyum sinis atau tidak suka, “Wah, beda, ya, yang mau menjadi penulis!” Ketika celotehan-celotehan seperti itu sampai ke telinga Anda, saran saya hanya satu, sami’na wa ‘ashoyna (dengarkan dan abaikan). Fokus pada diri dan impian Anda, menjadi penulis.

Ketika Liga Inggris musim 2015/2016 bergulir, beberapa klub besar dielu-elukan akan menyabet juara. Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, Liverpool, Tottenham Hotspurs, dan klub-klub besar lain. Adakah yang mengelukan Leicester City? Mungkin supporter-nya pun hanya bisa berharap. Tidak sepercaya diri supporter klub-klub besar.

Namun, apa yang terjadi? Para punggawa Leicester City, pemain, pelatih, dan yang terlibat di dalamnya, tidak terpengaruh dengan perbincangan orang. Mereka tetap fokus berjuang, hingga meraih tahta kehormatan “The Champions of Premier League.”

Dari saya, cukup sekian pelajaran dari kisah Leicester City. Saya berharap Anda tetap fokus dan penuh semangat mengejar impian Anda menjadi penulis. Tetap berjuang dan berdoa demi tercapainya cita-cita mulia Anda. Menjadi penulis yang berarti berbagi kebaikan (ber-da’wah) melalui tulisan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Terungkap..!! Metode Menulis Novel Dari A-Z cocok untuk Pemula

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




BERMANFAAT? Boleh SHARE Klik Di Bawah Ini

No comments:

Post a Comment

Catagories

SEARCH