DAPATKAN ARTIKEL TERBARU

Wednesday, May 4, 2016

5 Alasan Kenapa Anda Harus Jadi Penulis?


Semangat berkarya para penulis. Anda semua pasti penulis kan. Entah nulis sms, status, blog, email, buku harian, dan apapun yang kamu tulis, berarti kamu penulis. Lebih keren lagi kalau bisa menulis buku sendiri. Entah itu novel, cerpen, buku motivasi, buku bisnis, buku masak, dan buku lainnya. Menulis itu sebuah hal yang luar biasa yang seharusnya bisa dilakukan setiap orang tapi ternyata tidak mampu dilakukan semua orang. Emangnya kenapa harus jadi penulis, KAMU mau tahu? Iya KAMU? Ya udah langsung aja kita telisik yuk..
1
       1. PENULIS ITU BERMANFAAT UNTUK BANYAK ORANG

Kok bisa penulis bermafaat untuk banyak orang? Kan Cuma dia sendiri yang nulis, memangnya orang bisa tahu? Hm, kamu perlu luasin pikiran nih. Oke kita nggak usah jauh-jauh dulu ke buku.

Contohnhya kamu menulis sms berisi kata-kata penyemangat (tapi bukan modus ya). Ketika kamu kirim ke teman-temanmu mereka merasa menjadi lebih semangat yang mungkin pada hari itu ketika kamu mengirimkan sms, dia sedang merasa kurang semangat dan galau.

Ketika kamu bikin status. Jika yang kamu bikin adalah sebuah cerita menggugah atau tulisan yang menginformasi, apalagi informasi yang baru. Tentunya hal itu akan menjadikan sebuah kebaikan bagi orang yang kita tidak tahu, siapa tahu dengan melihat status kita mereka menjadi lebih baik, atau memiliki pengetahuan baru.


Nah, apalagi kalau menjadi seorang penulis. Sekarang ambil satu buku yang paling bagus menurutmu (buku sendiri ya, jangan buku orang lain). Kenapa buku itu bagus bagimu, terus apakah kamu pernah bertemu dengan penulisnya langsung. Kalau sudah, alhamdulillah, kalau belum berarti luar biasa. Tanpa perlu bertemu dengan penulisnya langsung, kamu sudah bisa merasaka manfaat dari apa yang penulis itu punya. Itu membuktikan dengan menjadi seorang penulis, tulisan bisa membuat kita bermanfaat untuk orang lain.
Yakin NGGAK mau jadi penulis?

Baca juga : Cara Menulis yang Baik dan Benar

2.    PENULIS ITU HIDUP ABADI
Eits, nggak perlu mikir yang horor ya. Tidak ada unsur hantu ataupun hal-hal seram. Kok nulis bisa hidup abadi. Tentu bisa dong, tapi tentunya bukan dalam bentuk wujud fisik. Yang dimaksudkan kenapa jadi penulis bisa hidup abadi, karena ketika kita menulis sebuah buku apalagi yang bermanfaat dan baik, ketika kita meninggal namun buku kita masih ada dan terus dibaca orang banyak kita akan terasa hidup oleh mereka.


Lihat, hadist-hadist yang dituliskan, dari ucapan rasululloh masih abadi sampai sekarang kan, dan kita tetap mengenal beliau seolah-olah masih ada di dunia ini. Tahu beethoven? Seorang komposer terkenal yang menuliskan dan meninggalkan not-not musik instrumen yang menjadi sangat terkenal sekarang. Jika bukan karena menulis tidak akan tahu siapa mereka.

Nah bagaimana dengan KAMU? Ingin dikenang dan hidup abadi secara baik, salah satunya bisa kamu lakukan dengan cara menulis. Tulislah tulisan untuk orang banyak yang baik dan bermanfaat, sehingga keabadianmu akan dikenal baik dan bermanfaat juga.

      3.    PENULIS ITU SAKTI
Bukan kera sakti bukan juga wiro sableng. Kalau mereka bisa menggunakan jurus-jurus yang mematikan untuk bisa mengalahkan musuhnya ataupun menjadi daya tarik sendiri. Kalau seorang penulis cukup dengan kata-katanya untuk bisa membuat orang mempperhatikan dirinya.


Pernah membaca tulisan sedih yang membuatmu sampai ikut menangis?

Atau tulisan action yang sampai membuatmu tegang dan terpacu adrenalin ketika membacanya
Ada juga tulisan yang membuatmu tertawa sampai tidak berhenti.

Ataukah tulisan horor yang membuat ketakutan dan bulu kuduk merinding sepanjang malam?
Bagaimana bisa terpengaruh sebegitu dahsyatnya hanya dengan kata-kata? Padahal tidak ada suara yang terdengar. Tidak ada gambar yang terlihat. Bagaimana bisa?
Itulah hebatya seorang penulis. Tidak perlu bersemedi 1000 tahun, tidak perlu mandi kembang 7 rupa, atau berlatih push-up 100 kali per hari. Mereka cukup mengolah kata-kata dengan manis dan bagusnya.

Lihatlah ketika seorang pembaca puisi yang luar biasa indah ketika membacakannya. Mereka hanya membaca kata-kata, tidak perlu sihir atau tenaga dalam. Belajar mengolah menjadi menarik, bahkan menginspirasi dengan hebatnya menyatu-padukan kata-kalimat-dan paragraf menjadi susunan indah.

Begitulah seorang penulis menunjukkan kesaktiannya dengan kesederhanaan, mudah, namun mengena.
Yuk jadi penulis...

       4.     PENULIS ITU KEREN
Kok keren? Iya dong...
Kalo ditanya kenapa keren banyak banget yang bisa dibilangin kekerenan jadi penulis. Ini akan dikasih tahu kenapa penulis itu keren

Pertama, jadi penulis kerjanya dimana aja. Kalo jadi penulis nggak harus terpaku mau kerja dimana. Yang penting sediain alatnya bisa kamu lakuin. Mausantai ngerjain di pantai boleh. Lagi di bus nunggu penumpang penuh bisa, atau lagi di ruang tunggu pesawat nunggu delay. Keren bangetkan. Nggak terikat waktu dan jam kerja. Tinggal nentuin sendiri jam kerja nulis yang kamu inginkan
 
Kedua, modalnya kecil, hasilnya besar. Jadi penulis bisa dikatakan tidak perlu modal banyak. Modal waktu 3 jam sehari dilakukan dalam sebulan. Minjam laptop kawan atau ke rental komputer. Kalo udah jadi buku bisa dijualin dan hasilnya melebihi modal yang kita persiapkan. Tapi harus tetap tekun ya.

Ketiga, jadi penulis nggak perlu ijazah, yang pentik otak kamu diasah. Ketika menjadi seorang penulis tidak perlu melihat lulusan mana, sekolah dimana, berapa lama lulusnya. Itu semua nggak penting. J. K. Rowling, penulis buku Harry Potter apakah ada yang berpikir dia berasal dari keluarga mana dan kuliahnya dulu dimana. Yang kita tahu bukunya laris dan luar biasa ceritanya. Bahkan penulis dengan konsistennya bisa lebih mapan dan terkenal dibandingkan mereka yang memiliki ijazah. Bukan berarti ijazah nggak penting ya.


Keempat, menjadi penulis bisa menembus ruang dan waktu. Tulisan kita bisa menembus kemanapun tempatnya dan kapanpun waktunya. Bisa jadi kita sedang dirumah sakit, tapi tulisan kita sedang dibaca orang bagian timur sana. Jadi, tunggu apa lagi, masih ragu jadi penulis?

Masih banyak lagi yang mungkin KAMU rasakan betapa kerennya jika jadi sseorang penulis, keputusan di tangan kamu, ma mabil kesempatan itu sekarang atau tidak sama sekali

      5.    Penulis itu bisa menghasilkan banyak uang
Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hoby yang dibayar (Ridwan Kamil). Kamu yang suka menulis jika kesukaanmu terhadap menulis bisa dibayar apa yang kamu rasakan. Bukumu terjual banyak dan mendapatkan royalti dari bukumu sendiri. Diundang bedah buku dan menjadi pembicara bukumu lalu dibayar. 

Apakah tidak senang jika hal yang menjadi kesenanganmu malah dihargai orang lain dengan biaya yang tinggi. Bayangkan saja, bukumu yang diterbitkan oleh penerbit mendapat royalti perbukunya 5000 rupiah, dicetak 5000 eksemplar. Sudah dapat 25 juta rupiah tanpa perlu kemana-mana. Belum lagi jika diundang mengisi acara. Untuk ukuran Tere Liye, penulis novel yang sudah menerbitkan puluhan buku dengan beberapa buku best sellernya. Sekali diundang beliau bisa mendapatkan kurang lebih 12jutaan. Enak sekali bukan?

Saat ini juga, waktunya KAMU yang jadi penulis, kalo tidak sekarang kapan lagi?

----------------------------------------------------

Dapatkan artikel terbaru kami
Dengan masukkan nama dan email Anda di bawah ini




Silahkan di SHARE Jika Bermanfaat

4 comments:

  1. Semua materi telah saya lahab dan saya masukin ke dalam otak saya, namun benar yang sudah tertuang dimateri ini, gimana saya bisa mengusir rasa malas saja, karena sebenarnya saya juga ingin menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Pak Yudi terima kasih sudah membaca blog kami.. :-)
      Caranya yaitu Pertama Temukan dan Buat Goal/tujuan bapak dalam Hal menulis, terus cari alasan kuat kenapa bapak harus menulis.. semoga bisa membantu.. :-)

      Delete
  2. terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MDy4mT

    ReplyDelete

Catagories

SEARCH